Akses Multi Account Google Drive, One Drive, dan Online Drive Lainnya Dalam Satu Sistem

Seiring semakin jamaknya pengguna internet broadband di Indonesia, tidak sedikit pengguna yang menggunakan online drive storage untuk tempat penyimpanan file-nya. Penulis sendiri biasanya menggunakannya untuk backup data atau sharing file dengan mudah ke komputer atau pengguna lain.

Dengan menggunakan software bawaan penyedia jasa online storage tersebut, kita dapat menggunakan online storage semudah menggunakan drive atau folder pada komputer sendiri. Namun demikian, banyak penyedia jasa yang memberlakukan restriksi untuk pengguna multi-user atau multi-account, terutama untuk pengguna personal.

Walaupun Dropbox tidak menuliskan larangan seseorang memiliki beberapa akun, seperti yang telah saya coba teliti pada Ketentuan Layanan Dropbox dan Kebijakan Penggunaan yang Dibenarkan Dropbox (ya, keduanya tersedia dalam bahasa Indonesia), namun jelas Dropbox membatasi akses pengguna personal untuk memiliki multi akun seperti tertera pada laman help mereka di “Can I have multiple Dropbox accounts?”. Saya capture kalimatnya di seperti bawah ini. Cukup jelas jika anda menginstall software bawaan Dropbox untuk akses beberapa akun pribadi anda, tidak ada dukungan resmi dari mereka.

*IF you’re a Dropbox Business customer* .

Untuk Google Drive, layanan mereka agak unik. Tidak sesederhana bahwa hanya pengguna berbayar yang bisa multi-akun, sedangkan pengguna personal tidak bisa multi-akun. Seperti kita lihat pada laman download software Gdrive mereka, terdapat dua jenis software yang dapat diunduh dan digunakan: Backup and Sync (untuk pengguna personal) dan Drive File Stream (untuk pengguna bisnis). Karena saya fokus untuk pengguna personal, maka saya akan ulas Backup and Sync.

Google Drive desktop companion software

Uniknya, tidak seperti Dropbox personal, ketika menggunakan aplikasi Backup and Sync kita dapat menggunakan dua akun GDrive atau lebih sekaligus, walaupun akun yang digunakan adalah akun personal yang gratis. Untuk menambah akun, lihat dan klik ikon aplikasi Backup and Sync pada taskbar Windows 10, lalu pilih ikon menu di kanan atas, dan klik “Add New Account”. Lalu ikuti proses setup sesuai arahan pada wizard.

Klik “Add New Account” untuk menambahkan akun GDrive lain.

Perlu diingat bahwa Backup and Sync bekerja serupa dengan aplikasi Dropbox. Semua file yang di-synchronize akan disalin ke ruang hard drive lokal. Hal ini tentu dapat mempercepat akses ke file tersebut, namun jika memiliki file dengan ukuran yang cukup besar pada beberapa akun, maka ruang kosong hard drive komputer akan cepat berkurang.

RaiDrive : Multi Account, Tanpa Download, dan Open Source

Selain dengan cara di atas, dapat kita gunakan aplikasi pihak ketiga RaiDrive untuk mengakses beberapa akun online storage sekaligus. Uniknya lagi, aplikasi ini bekerja dengan cara tidak mengunduh semua file dari online storage yang didaftarkan, melainkan hanya pada file yang diakses, sehingga dapat menghemat ruang pada hard drive.

Kekurangannya, tentu akses file menjadi agak lebih lambat karena setiap mengakses file memerlukan akses internet untuk synchronize dengan server. Jadi disarankan, untuk edit file berukuran 5MB atau lebih dapat kita salin dulu secara manual ke folder sementara. Saat tidak ada koneksi, maka tidak ada salinan file tersebut di hard drive lokal.

Untuk menggunakannya, unduh dan pasang aplikasi RaiDrive dari pranala ini. Lalu, daftarkan akun online drive anda melalui menu seperti pada tangkapan layar di bawah.

Klik Add, lalu pilih jenis storage yang diinginkan, klik OK, lalu ikuti langkahnya.

Akun online storage yang telah didaftarkan pada RaiDrive dapat diakses melalui drive letter yang dipilih, sehingga akan dianggap sebagai sebuah drive terpisah dari drive komputer lokal oleh sistem Windows.

Hal lain yang mungkin perlu diketahui adalah aplikasi ini open source, maka kode program dapat diaudit oleh banyak orang secara bebas sehingga sepertinya tidak perlu khawatir akan keamanan dan privasi akun yang didaftarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *