Membaca Tabel Viskositas atau Gaya Gesek Air (water)

Berhubung sudah lama gak belajar lagi tentang aerodinamika dan mulai belajar lagi analisis hidrolika pada microchannel, maka ada satu parameter penting yang biasanya sering digunakan, yaitu viskositas air (water).

Ini sengaja saya tulis air (water) untuk menekankan bahwa substansi yang saya bicarakan adalah air H2O, bukan air (udara).

Blog ini tidak menjelaskan apa itu viskositas udara atau apa bedanya antara dynamic viscosity dengan kinematic viscosity. Tapi hanya menekankan pentingnya membedakan besaran di antara keduanya dan jangan sampai salah baca tabel. Sekaligus catatan untuk diri sendiri.

Nih tabelnya yang saya sadur dari buku MWH Water Treatment Principles and Design 3rd edition by Wiley :

Untuk menggunakan viscosity, pastikan baca sekali lagi rumusnya atau kalau perlu gunakan pelajaran Fisika kelas 1 SMA untuk menentukan besaran dasarnya.

Ini adalah hasil analisis besaran / unit pada viskositas air:

  • Dynamic Viscosity = [m] [L]-1 [t]-1 atau kg.meter-1.sekon-1. Atau bisa juga digunakan:
    • Pa.s (Pascal sekon)
    • N/s.m2 = N.s-1.m-2 (Newton per sekon meter kuadrat)
  • Kinematic Viscosity = [L]2 [t]-1 atau m2s-1 (meter kuadrat per sekon)

Dan juga untuk membaca tabel di atas, perlu diperhatikan bahwa dynamic viskositasnya adalah dikalikan dengan x10-3 sehingga angka dari tabel harus dibagi dengan 10-3 atau 0.001. Contohnya pada 25 C, didapat angka 0.89, maka besarannya adalah 8900 kg/m.s.

3 thoughts to “Membaca Tabel Viskositas atau Gaya Gesek Air (water)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *